logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kendala Yang Paling Sering di Alami Dalam Menulis Artikel (Pemula)



Salah satu aktivitas dalam dunia maya yang paling trend saat sekarang ini adalah blog. Saya coba nyari di Google jumlah pengguna blogspot.com, dan hasilnya tidak ketemu. Usaha yang tidak sia-sia karena kesempatan juga untuk blogwalking. Hehe..Ini hanya pengantar sobat. Langsung saja kita kembali ke topik utama kendala yang paling sering dialami dalam menulis artikel.

http://donalidsurv.blogspot.com

Setelah memodifikasi blog mulai dari pemilihan template, settingan dan sebagainya, tugas utama dan yang terutama bagi blogger adalah mengisinya dengan konten atau artikel sebagai bahan postingan. Dan ini wajib di lakukan untuk mengoptimasi agar blog kita dapat di telusuri Search Engine atau mesin pencari. Dari sekian artikel yang saya baca yang di posting oleh sobat blogger lainnya tentang bagaimana cara agar blog banyak pengunjungnya, saya dapat simpulkan sobat bahwa kita harus rutin update artikel. Hal inilah yang sering menjadi kendala utama bagi para blogger khususnya pemula. Bingung mau nulis apa, judulnya apa dan sebagainya. Atau judul sudah siap tapi apa daya otak tak mampu mengembangkan isinya. Kendala yang satu ini juga sering saya jumpai. Bahkan ketika saya mulai meletakkan jari di atas keyboard dan mulai mengetik kata demi kata, namum kemudian dengan cepatnya tombol backspace ditekan lagi sampai-sampai gagal untuk posting.

Memang tidak mudah untuk menulis sebuah konten karena kita perlu banyak referensi. Namun hari demi hari kita selalu di tuntut untuk harus menulis dengan tujuan blog banyak pengunjungnya. Hal inilah yang memotivasi saya pribadi untuk terus belajar dan usaha menulis walaupun itu sangat sederhana yang penting tidak copas artikel milik orang lain. Kalau template si saya dapatnya sama salah satu teman blog saya +Wahab Saputra templatenya di design oleh Arlina.

Di sini saya akan sharing dengan sobat blogger sekalian khusus bagi pemula tentang kendala yang paling sering di alami dalam menulis artikel bahwa pengalaman saya dalam menulis yang perlu di utamakan adalah percaya diri. Kalau Anda tidak percaya diri dalam menulis, yang ada hanya sifat minder karena tidak mampu menyusun kalimat yang baik dan terstruktur rapi, buang segera sifat  demikian karena hanya akan membuat Anda selalu gagal untuk menulis. Apapun yang ada di kepala Anda, itulah yang Anda tulis sedikit demi sedikit lama-lama jadi satu paragraf dan seterusnya. Jadi kendala yang saya maksud adalah hanya karena minder. Tidak perlu minder sobat yang pasti bahwa usaha dan terus berusaha akan membuahkan hasil yang positif.

Demikian yang dapat saya bagikan kali ini semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pemula.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

41 Komentar

Biasakan untuk menulis apapun yang sobat ingin tulis....dengan begitu ide akan terus mengalir seperti air....

Balas

Masukan yang sangat luar biasa mas. Thanks udah berkunjung.

Balas

tidak perlu panjang lebar dalam menulis artikel, walaupun sedikit tapi hasil karya sendiri pasti akan lebih puas... nyari ide bisa dimana mana, bisa dari lewat blogwalking, buka situs portal web news, baca buku, pengalaman pribadi DLL..

Balas

Karena itu mas Achmad kita harus budayakan anti copas.

Balas

kayaknya semua blogger pernah dan sering mengalami yg namanya mati ide dalam menulis mas.apalagi bila cukup lama vacuum ngeblog.
dan rasa percaya diri itu memang sangat penting diterapkan yamas

Balas

Jika menulis apa yg kita senangi tentu tidak akan kesulitan ya mas

Balas

Betul kali mas Yanto. Dengan percaya diri ide cemerlang akan lahir dengan sendirinya mas.

Balas

Bahkan akan lebih mengalir seperti air mas seperti yg di katakan mas Wahab di atas.

Balas

kesusahan yang paling banyak di alami oleh penulis blog adalah mencari ide segar lalu menuliskannya dengan karakter dirinya sendiri.

Balas

Dulu pertama buat blog topiknya berdasarkan keahlian jadi nulisnya lebih mudah walaupaun bahasanya masih acak adut namun lama-lama berubah dengan sendirinya asal terus berlatih

Balas

Bagi tipsnya disini dong Mbah dinan.

Balas

Latihan memang perlu di maksimalkan mas Dwi seperti pepata mengatakan: mala bisa karena biasa.

Balas

intinya sih mas, banyak2lah membaca, mencari informasi, dan belajar kosa kata... kumpulkan semua kosa kata, lama2 kelamaan kita akan terbiasa dalam menyusun kalimat... tapi yg lebih baik adalah menulislah apa yg ada dibenak Anda saat itu jg, gak usah dikarang2 ataupun nyari judulnya. Jangan nyari judul lbh dulu, itu salah. tulis saja terlebih dahulu, baru bikin judul terakhir.

Balas

Yups mas...Mungkin sama halnya dengan masak memasak mas. Bumbunya harus di siapin lebih dulu kalau bumbunya lengkap, hasil masakannya pasti nikmat.

Balas

temukan ide baru dalam menulis dengan mengunjungi toko buku, dan sering lah membaca, semoga sukses bagi kita semua

Balas

Keterampilan menulis artikel akan meningkat seiring rutinnya update posting. Diawal biarkan tulisan berisi konten yang belum tersusun rapi, tetapi ini tidak jadi masalah karena kita bisa meng-edit artikel tersebut di kemudian hari. Kalau saran dari rekan blogger seperti Mba Indri (juragancipir), blog kita minimal harus memiliki setidaknya 500-1000 artikel yang terideks di mesin pencari jika ingin sukses. Jadi, mari kita sama-sama berjuang demi sesuatu yang lebih baik. Salam sukses selalu :)

Balas

Wah,kira2 berapa lama ya sampai bisa mencapai angkah segitu??:D
Salam sukses juga mas..

Balas

naah inilah yang terkadang sering kita alami, ide membuat artikel hilang, biasanya hilangnya ide tersebut karena rasa bosan dan karena ada permasalahan yang di hadapi, itu sih yang biasanya saya alami..

Balas

Memang betul mas..harus kita butuh konsentrasi yang baik untuk menulis artikel.

Balas

Wah komennya sudah di wakili semua jadi saya tinggal menyimpulkan aja, rajin membaca biar dapat referensi banyak, terus berlatih, fokus dan jangan mudah menyerah serta jangan terburu-buru posting artikel karena mengejar target sekian artikel perhari. Salam kenal

Balas

aku lagi pusing nih. ruwet banget pikiran...

Balas

Kesimpulan yang sangat luar biasa kang.Salam kenal juga

Balas

Ada masalah apa ni mas:) curhat aja disini mas siapa tau ada solusi dari sobat blogger yang lain:D

Balas

sudah plong sekarang. hahahahahaha

Balas

lanjut terus menulis kang. hahaha

Balas

sebenarnya untuk memperdalam materi postingan kita bisa baca buku atau cari artikel orang lain yang sumbernya jelas.saya juga suka merasakan bingung saat mau posting, tapi jika sudah keluar ide creatif langsung dipost saja..

Balas

Menurut saya kesusahan penulis yaitu memanjangkan suatu ide pokok agar menjadi lebih maksimal :D

Balas

kalau saya menulis, masih terpaku pada jumlah katanya, kalau kurang dari 300 kata rasanya bukan tulisan

Balas

ia mbah kiat2nya apa mbah?

Balas

kalo sayah yang sulit adalah memulai kang

Balas

Yang penting menulis itu bisa bermanfaat bagi orang lain yang membacanya dan menulis juga bisa mengembangkan bakat seseorang :)

Balas

Sepertinya terjadi pada saya nih om kadang bingung mau juga mau nulis apa lihat referensi blog orang takut terjebak copas he he

Balas

konci banget mba. manfaat

Balas

kalo dari banyak blog. sedikit bumbu malah bagus paling mba

Balas

bikin artikel yang bagus memang susah. tapi hasilnya memuaskan padahal udah setahun lebih blm ku update hingga kini.

Balas

perlu banyak referensi nih biar gampang menulis kontennya :)

Balas

harus pinter-pinter mengembangkan ide ide kreatif mas dalam menulis, kalau tidak ya berhenti di tengah jalan, hehehehe

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger