logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nyebur ala Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti



Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah berita nasional di salah satu channel Televisi swasta yang mengangkat headline news aksi seorang Menteri nyebur di laut. Ya siapa lagi kalau bukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, ibu Susi sapaan akrabnya. Dalam kunjungan kerjanya di Dusun Hanggaroru, Desa Tanah Manang, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, beliau secara spontan nyebur ke laut untuk melihat dari dekat panen rumput laut bersama dengan petani rumput laut setempat. Bagi Anda yang tidak sempat nonton beritanya, Anda bisa nyari videonya di youtube yang berdurasi kurang lebih 3 menit. Tapi saya yakin Anda juga tidak ketinggalan dengan berita ini pastinya. Namun ada kemudian hal yang menarik buat saya pribadi dengan aksi yang sangat luar biasa fantastis yang di perlihatkan oleh seorang Menteri kita. Jarang-jarang lho seorang pejabat negara berlaku seperti itu.
 
Di era pemerintahan sebelumnya saya tidak pernah mendengar atau nonton langsung aksi-aksi seperti yang di lakukan oleh ibu Susi yang sekarang di kenal sebagai gaya “blusukan”. Dan mungkin karena saking tertariknya, saya sampai-sampai mengangkat topik nyebur ala Ibu Menteri Susi. Sekali lagi Anda pasti sudah nonton beritanya tapi di sini ada satu hal yang menarik tentunya buat kita bahwa di masa sekarang ini kita harus berani melakukan sesuatu yang sifatnya new. Tetapi bukan berarti kita harus meninggalkan apa yang sudah ada namun sebaliknya meningkatkannya menjadi lebih baik lagi.
Lantas kemudian hal apa yang dapat menjadi pembelajaran yang dapat Anda petik dari aksi blusukan tersebut? 
Yang pertama bahwa pengalaman hidup yang di ajarkan beliau bagaimana kita harus berbaur dengan masyarakat. Jangan kita hanya jadi penonton saja tanpa mengetahui secara langsung apa yang orang lain butuhkan. Anda akan di sebut seorang pahlawan terhadap segala hal yang Anda lakukan dengan cara membantu orang lain walaupun menurut Anda tidak seberapa namun orang yang membutuhkannya menilai luar biasa. Yang kedua, ketika Anda lebih akrab dengan orang lain maka semakin banyaklah orang yang menyukai Anda apalagi jika Anda adalah seorang pemimpin bahkan calon pemimpin sekalipun. Ini yang harus Anda pelihara kedepan.

Hal berikut adalah memang benar bahwa Anda juga harus nyebur ala Ibu Menteri Susi tapi jangan ikut-ikutan nyebur ke laut nanti yang tidak bisa renang akan nyebur selamanya,hehe. Nyebur versi saya maksudnya adalah apapun yang Anda tekuni saat ini seperti berbisnis, UKM, pendidik, pejabat, pengusaha dan sebagainya, Anda mesti melakukannya dengan penuh rasa tanggung jawab dan dapat dipercaya orang lain. Tanggung jawab dan kepercayaan inilah yang Anda harus pelihara mulai dari sekarang untuk membangun serta melindungi Anda dari hal-hal yang Anda tidak inginkan.

Sekian dulu postingan saya kali ini semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 Komentar

Patut jadi contoh buat Menteri lain mas Wahab.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

haduh bu mentri susi, anda bikin gemas saja

Balas

Gemas ma kacamatanya ya mas?hehehe

Balas

mudah mudahan bukan mencari pencitraan kepada publik

Balas

Yang penting mereka ikhlas menjalankan semua tugasnya mas Achmad dan benar2 peduli terhadap bangsa ini.

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger