logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bagaimana Memiliki Sikap Bijak Dalam Mendidik Anak



Bagaimana memiliki sikap bijak dalam mendidik anakApakah Anda adalah seorang orangtua yang bijaksana? Atau Anda merupakan seorang yang kurang bijaksana dalam hal mendidik anak? Seperti yang telah saya ulas pada materi sebelumnya tentang bagaimana mendidik si buah hati dengan tepat, pendidikan terhadap anak memang tidak boleh disepelehkan terutama pendidikan agama dan moral. Namun dalam sikap mendidik banyak orangtua yang masih salah dalam hal sikap bagaimana mendidik anaknya dengan baik. Buktinya kita bisa lihat sendiri banyak remaja saat ini yang terhanyut dalam pergaulan duniawi akibat kurangnya perhatian orangtua.


Untuk menghindari terjadinya keadaan tersebut orangtua perlu menenangkan diri mengevaluasi apakah metode didikan yang telah diterapkan kurang sesuai dan sama sekali tidak berpengaruh bagi anaknya. Namun satu hal yang dapat menjadi bahan evaluasi yang mungkin selama ini tidak dimiliki oleh orangtua yang hanya menerapkan sikap diktator dalam mendidik anaknya adalah bagaimana Anda sebagai orangtua bersikap lebih bijaksana. Selama ini didikan yang telah diberikan bagi anak Anda mungkin terlalu berkesan menekan anak sehingga anak-anak secara emosional tidak dapat menerima sepenuhnya apa yang Anda berikan. 

Menekan anak akan membuat mereka merasa bosan dan membenci situasi dalam rumah sehingga mereka lebih menyukai menghabiskan waktu diluar rumah bersama dengan kehidupan pergaulannya. Sehingga mungkin saja mereka melakukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Menekan dalam hal ini adalah dimana orangtua tidak memiliki kesabaran untuk mengarahkan anaknya dengan baik.

Sikap bijaksana mendidik anak sangat penting. Bagaimana pun juga anak membutuhkan bimbingan yang positif walaupun mereka tidak tahu mengungkapkannya sehingga kitalah sebagai orangtuanya yang harus sabar, kreatif dan bijak melihat perkembangan mereka. Dengan sikap yang bijaksana dalam mendidik anak akan berdampak baik bagi pembentukan jiwa mental dan munculnya kepercayaan diri yang baik bagi mereka.


Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.
Salam.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 Komentar

betul sekali, harus bijak, jangan sampe salah didik, krna pengaruhnya akan sangat terasa

Balas

conth bijaksananya seperti apa ya. saya takut juga salah mendidik anak

Balas

ia penagruhnya se umur umur ya mas

Balas

saya sudah bijak belu ya dalam mendidik anak

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger