logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik


Keluarga adalah tempat belajar berinteraksi yang paling damai dan efektif bagi anak-anak yang masih dalam masa-masa pertumbuhan. Kehadiran seorang anak merupakan hal yang paling indah yang telah lama dinanti bagi pasangan suami istri khususnya bagi pasangan yang baru menikah. Harapan akan masa depan sang buah hati menjadi seorang anak yang unggul menjadi pusat perhatian orang tua saat ini. Sejak masih dalam kandungan, kebiasaan-kebiasaan mulai dilakukan agar suatu kelak jika bayi tersebut lahir, akan menjadi seperti yang Anda inginkan ketika dewasa kelak. Harapan inilah yang membuat perhatian bahkan kecemasan orang tua semakin meningkat.


Menjadi orang tua yang baik, tidak cukup hanya dengan memberikan perhatian yang lebih terhadap anak Anda, bahwa menjadi orang tua yang baik membutuhkan lebih dari pada sekedar intelek. Banyak orang tua yang perna saya temui bahkan secara langsung saya perna menyaksikan bagaimana mereka mendidik anaknya serta bagaimana mereka membantu anaknya dalam mengatasi masalah kepribadian seorang anak. Namun yang terjadi, tidak sedikit dari mereka kemudian mengeluh terhadap sikap anaknya yang tidak sesuai dengan keinginannya sebagai orang tua. Pemahaman inilah yang sering menimbulkan perselisihan di antara kedua orang tua seperti yang telah saya bahas pada materi sebelumnya Perbedaan Pandangan Antara Suami & Istri: Itu Wajar?

Pendidikan bagi sang buah hati memang harus di mulai dari lingkungan keluarga. Menjadi orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh harus memperhatikan secara teliti perkembangan anaknya. Bagaimana kemudian karakter anaknya, yang nantinya harus disesuaikan agar anak tidak terlalu merasa batinnya tertekan akibat didikan yang kurang tepat bagi karakter sang anak. Oleh karena itu menjadi orang tua harusnya mampu memiliki kedekatan emosional dengan anaknya, harus memahami ketika anaknya sementara dalam keadaan emosi tinggi. Kedekatan secara emosional terhadap anak dengan orang tua akan membawa dampak positif bagi anak dalam menghadapi kehidupannya di hari mendatang. Terlihat banyaknya perbedaan antara anak yang memiliki kedekatan emosional dengan orang tuanya dengan anak yang kurang memiliki kedekatan emosional terhadap orang tuanya.

Sebagai tanggung jawab bagi orang tua yang akan mendidik anak sampai menemukan jatih dirinya, harus melihat dan mempertahankan agar anak-anak selalu aman dari berbagai resiko serta menolong mereka dalam mengembangkan suatu tingkat kecerdasan secara emosional yang tinggi. 

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger