logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengasuh Anak Bukannya Menguasai Mereka


Orang tua zaman sekarang, di tuntut untuk melakukan tindakan yang lebih banyak daripada sekadar memberikan asuhan dasar bagi anak-anak, pendidikan yang baik serta etika moral yang kuat. Melihat perkembangan dunia sekarang ini, banyak hal yang orang tua harus perhatikan dalam hal mendidik dan mengarahkan anak-anak mereka untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan di dunia demi mempersiapkan sang buah hati mereka untuk menjadi anak-anak kebanggaan orang tua kelak.

Menjadi orang tua tentu memiliki tanggung jawab menjadi pengasuh yang baik. Dalam hal ini tugas dan kewajiban Anda sebagai orang tua adalah bagaimana agar anak Anda dapat merasakan serta dapat menerima dengan baik didikan Anda. Mengasuh seorang anak bukan berarti bagaimana Anda dapat mengalahkan keinginan-keinginannya melainkan melatihnya, membimbingnya kea rah yang semestinya serta mengajar mereka untuk menyesuaikan diri agar mereka dapat hidup bermasyarakat.

Mengasuh Anak
Ada beberapa orang tua yang belum maksimal dalam mengarahkan anak-anak mereka. Hal ini di buktikan oleh banyaknya anak-anak yang memiliki kepercayaan diri yang kurang dibanding dengan temannya yang super agresif dalam bergaul. Dan menurut saya hal ini harus menjadi perhatian serius bagi Anda sebagai orang tua yang belum maksimal dalam mendidik dan mengasuh anak Anda. Beberapa penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya pendekatan emosional seperti yang saya bahas sebelumnya Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baik.

Dalam hal mengasuh atau mendidik anak, penting bagi Anda untuk melihat atau memikirkan strategi yang akan di terapkan. Yang pasti bahwa sebagai orang tua harus mengetahui bahwa salah satu tanggung jawab kita yang paling penting adalah mendengarkan anak-anak kita, namun bukan berarti mendengarkan kata-kata mereka melainkan perasaan-perasaan dibalik kata-kata mereka. Komunikasi yang baik artinya bahwa orang tua harus merasakan apa yang anak-anak rasakan bukannya melawan keinginan mereka dan bagaimana agar selalu memperlihatkan rasa hormat yang tulus terhadap perasaan anak-anak.

Tugas lain yang lebih penting daripada dasar didikan bagi anak Anda adalah Anda didorong untuk mempraktekkan sikap yang positif pada saat anak Anda dalam masa pertumbuhan. Lebih seringlah memuji daripada mengecam mereka, memberikan hadiah bukannya menghukum, dan mendorong mereka bukannya mengecilkan hati. Hal ini merupakan bentuk komunikasi antara orang tua dan anak yang diharapkan dapat membantu Anda dalam mengasuh dan mengarahkan sang buah hati Anda.

Baca Juga: Penyebab Anak Anda Tidak Mau Menurut

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 Komentar

antap sekali kang. kebanyakan memang melarang kang bukan mengarahkan. okelah kalo begitu saatnya berubah

Balas

mendidik anak yang benar memang sangat penting sekali

Balas

Harusnya begitu kang dan pasti semua bisa dilakukan.

Balas

Benar seperti yang Anda katakan.

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger