logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ketika Anak Anda Malas Belajar



Ketika Anak Anda Malas BelajarUntuk membentuk tabiat seorang anak  selain pendidikan dalam keluarga, sekolah adalah tempat yang sangat tepat. Orang tua berharap anaknya dapat belajar dengan baik lewat bimbingan gurunya disekolah. Orang tua pun sepatutnya berterima kasih kepada sahabat pendidik mereka yaitu sang guru. Namun yang menjadi persoalan yang akan saya ulas kali ini adalah kira-kira bagaimana ketika anak Anda malas belajar.
Keinginan belajar seorang anak itu berbeda-beda sob. Ada yang rajinnya minta ampun. Saking rajinnya belajar sehingga waktu bermainnya itu sangat kurang sekali. Bahkan jika di ajak temannya mala menolak. Ada juga yang kadang rajin jika belajar bersama temannya. Namun di sisi lain ada anak yang sama sekali malas dalam hal belajar. Tapi mudah-mudahan hal ini tidak terjadi dengan anak Anda. Mungkin perna terjadi namun tidak secara kontinu. 

Lalu bagaimana dengan masalah yang satu ini? Saya senang sekali bisa berbagi informasi dengan Anda semua para bapa ibu yang memiliki masalah ini dimana anak malas belajar. Yang pasti bahwa Anda tentu perna menyuruh anak Anda belajar namun jika anak tersebut justru malas, maka sebagai orang tua tentu kuatir jangan sampai ketinggalan dari teman-temannya. Penyebab anak biasanya malas belajar adalah karena memang selama ini tidak di biasakan. Atau jika memang di biasakan tapi tetap malas, mungkin Anda sebagai orang tua harus sedikit mengubah cara pendekatan Anda terhadap anak Anda untuk bagaimana membujuknya dengan baik jangan dipaksa. Karena jika di paksa belajar, anak justru benci yang namanya pelajaran. Jadi intinya adalah metode pendekatan bujukan yang baik akan membuat anak Anda mempunyai kemauan untuk belajar.

Anda jangan segan menceritakan kepada anak Anda dampak-dampak yang akan terjadi jika malas belajar bahwa belajar itu penting bagi masa depannya bahwa ilmu yang mereka dapatkan nanti akan menjadi bekal bagi kelangsungan hidupnya ketika sudah dewasa bahkan sampai ketika sudah berpisah dari orang tua untuk menjalani kehidupan yang baru hidup berumah tangga.

Jika perlu ceritakan kepada anak Anda bahwa begitu banyak orang yang melarat dan tidak punya pekerjaan akibat malas belajar pada waktu kecil akhirnya lapangan pekerjaannya terbatas. Banyaknya kasus kriminalitas yang terjadi karena kurangnya pendidikan. Moral serta mental menjadi rusak. Kemudian yang patut dipersalahkan dalam hal ini siapa? Orang tua sebagai pendidik atau anaknya yang malas belajar atau bahkan guru di sekolah? Menurut saya tidak ada yang perlu disalahkan dalam hal ini. Mari saya mengajak Anda untuk selalu melihat dari sisi positif, mulailah bujuk anak Anda untuk rajin belajar namun jangan dipaksa, biarkan mereka menemukan arti dan makna menurut mereka apa itu belajar, namun tidak lepas dari pantauan dan arahan Anda sebagai orang tua. 

Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi perkembangan anak Anda di masa mendatang.

Baca juga: Bagaimana Agar Anak Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 Komentar

hem pendekatan dan perhatian orang tua sangat dibutuhkan dalam situasi kayak gini mas, khususnya bagi anak yang malas belajar

Balas

nah saya amankan pertamaxnya dulu deh

Balas

Aman sekali sudah mas :)

Balas

kudu nggak bosen bosen untuk memberi pengarahan kepada anak type pemalas gini yamas

Balas

Perlu motivasi agar mereka terdorong untuk belajar ya mas. Kalau perlu dikasih reward atau penghargaan jika mereka rajin belajar...

Balas

sebaiknya orang tua harus memberi arahan yang baik biar anak tidak malas belajar :)

Balas

Memang perlu pendekatan ya agar tahu kenapa mereka malas belajar dan sukur2 bisa mengerti setelah diberi pengarahan oleh orangtua

Balas

namanya rasa malas pasti ada lah mas, namanya juga anak, kita aja yang udah gede kadang ada rasa malas buat kerja, tapidengan itu kita juga harus mengajak anak kita untuk melawan rasa malas, apalagi malas belajar..

Balas

calon bapak mau belajar dari yang sudah berpengalaman mendidik anak

Balas

bukan pemalas,anak kecil gak ada yang malas,hanya bosan dan butuh hiburan saja,,

Balas

mungkin anak saya harus dincontoidulu sama bapaknya bagaimana blajar itu dan manfaatnya.

Balas

Iya mas Yanto. Harus sabar dalam menghadapi sang bua hati.

Balas

Betul sekali mas. Motivasi bagi anak-anak itu harus.

Balas

Iya mas namun jangan dengan paksaan sebab anak tidak suka dipaksa.

Balas

Benar mba. Pendekatan yang baik akan menemukan solusi.

Balas

Itulah bedanya kita orang Indonesia dengan orang Eropa mas. Kita terlalu identik dengan sifat yang satu ini dan jika kita ingin anak kita sukses, jangan biarkan sifat ini melekat dalam diri anak Anda.

Balas

Iya mas. Orang tua harus memberi contoh yang baik.

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger