logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penyebab Anak Jadi Manja



Penyebab Anak Jadi ManjaBanyak orang tua yang menginginkan anaknya bisa hidup lebih mandiri serta jauh dari sifat kemanjaan. Namun yang terjadi adalah justru anak tersebut menjadi manja minta ampun. Hal ini membuat orang tua jadi kebanyakan repot dalam mengasuh anaknya bahkan sering tidak mampu menahan emosi bahkan cemohan sekalipun dapat dilontarkan tanpa di sadari. Misalnya karena anak mau membeli sesuatu namun  karena yang di pintanya pada saat itu kebetulan tidak bisa dipenuhi oleh orang tuanya akhirnya si anak pun menjadi marah, sedih bahkan sampai menangis. Karena orang tuanya tahu bahwa hal yang di pintanya tidak mungkin di temukan dalam waktu singkat, akhirnya tekanan perlahan-lahan naik tak terhindarkan.

Keadaan-keadaan seperti di atas sangat wajar dalam rumah tangga bahkan masih banyak contoh lain mengenai hal mengasuh anak. Mungkin sahabat blogger perna mengalami hal-hal atau perna melihat suatu keluarga yang di rundung berbagai masalah dalam membina keluarga mereka. Hal ini perlu Anda ketahui bahwa begitu banyak anak-anak yang rusak karena terlalu dimanjakan. Orang tua harus waspada terhadap virus yang satu ini dimana sifat memanjakan anak Anda terlalu berbahaya bagi masa depan anak Anda.

Lalu kemudian apa yang menjadi penyebab anak jadi manja? Ini bukan persoalan faktor keturunan atau gen, bahwa sifat yang satu ini disebabkan oleh seperti berikut ini:

Sikap orang tua yang memusatkan perhatian yang terlalu banyak kepada anak mereka sehingga anak selalu bergantung kepada orang tua. Merupakan hal yang kurang atau tidak bijaksana jika Anda memperlakukan atau mengurus anak Anda sampai kepada hal-hal yang tidak terlalu penting bagi anak Anda. Yang harus dipikirkan adalah bahwa Anda sebagai orang tua tentu mempunyai aktivitas  atau tugas masing-masing sehingga waktu Anda bersama si anak tidak akan selamanya ada. Oleh karenanya, Anda harus segera membuang cara-cara demikian tapi sebaliknya latihlah anak Anda untuk belajar membuka pakaiannya sendiri, makan sendiri, mandi sendiri dan memakai baju sendiri bahkan menolong dirinya sendiri jika perlu.

Anak-anak yang memiliki selera makanan yang kurang bermanfaat bagi pertumbuhannya sebaiknya diatur dengan baik. Maksudnya jangan selalu menyediakan makanan yang hanya disukai anak-anak. Sebagai orang tua, harus mengerti kebutuhan pokok anaknya agar proses pertumbuhannya baik. Mereka tidak tahu bahwa sayur dan buah baik bagi kesehatan dan mereka hanya menyukai makanan yang kurang baik bagi pertumbuhannya.

Selain makanan, pemberian uang jajan yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi anak Anda. Karena kita tahu bahwa begitu banyak hal yang bisa saja mereka lakukan diluar sana dengan uangnya. Sehingga ketika hal ini menjadi kebiasaan mereka, sulitlah bagi dirinya sendiri untuk mengubahnya ketika sudah dewasa.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghadapi Anak Yang Manja


Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

41 Komentar

wah begitu ya, perlunya orang tua belajar akan hal ini ya pak

Balas

Kalau anak terlanjur manja, gimana tuh mengahadapinya mas...?

Balas

Kalau melatih anak yang sudah terlanjur dimanja bagaimana yah Pak?

Balas

Iya pak. Karena jika sudah terlanjur agak rumit jadinya.

Balas

Kalau anak-anak dimanja berlebihan sampai usia dewasa pun masih jadi anak manja. Sehingga untuk menghadapi anak yang sudah terlanjur manja tersebut, jangan larang anaknya untuk bergaul dengan temannya karena dengan pergaulannya disana akan belajar dari temannya yang bukan anak manja tentang kehidupan diluar rumah.

Balas

Ubah cara Anda dalam menghadapinya. Misalnya Anda biasanya menggantikan pakaiannya, maka mulailah mengajarkannya untuk mengganti pakaian sendiri sampai bisa dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan. Terutama jangan selalu mengikuti kemauan anak Anda.

Balas

makanan dan uang jajan harus bijak ya memberikannya

Balas

orang tua harus lebih belajar lagi ya :D

Balas

Boleh saja menuruti kemauan sang anak tapi jangan terlalu berlebihan agar anak tidak selalu tergantung dari orang tua

Balas

ia kang sebenarnya kalo saya memeperlakukan manja karena rasa sayang. sehingga menginginkan yang terbaik buat anak. padahal salah juga ya. biarkan anak bisa saja ya. bair mandiri

Balas

Kalau perlu ya kenapa tidak mas. Semua untuk tujuan mulia kepada sang buah hati.

Balas

Itu tepat sekali mba.

Balas

Justru ketika kita memanjakan mereka mas, artinya kita ga' sayang sama mereka. Sayang bukan berarti harus dimanja mas.

Balas

nah cara mengatasi anak manja ini gimana ya mas

Balas

pastinya kemanjaan suatu anak itu dari ortunya dulu mas, kalau ortu membiasakan sikap yang tegas dan cara mendidik yang baik, pasti anak tidak manja

Balas

nah setuju mas, kita akan di repotkan jika anak manja, minta ini itu harus keturutan, kalau pas ada gak masalah tapi kalau gak ada kita yang repot juga

Balas

Kira kira batasan umur untuk anak manja berapa tahun ya.. Kalau masih balita sih saya rasa wajar. karena sebagai bentuk kasih sayang orang tua ke buah hatinya.... tapi kalau sudah SMP keatas masih manja sepertinya kurang ajar... :D

Balas

Mungkin kurang lebihnya menerapkan kedisiplinan ya mas.

Balas

Jawabannya tunggu postingan berikutnya mas

Balas

Mungkin mas ga' percaya tapi ini telah terjadi dan nyata disaksikan oleh mata kepala saya sendiri, saya punya teman yang masih manja kepada ortunya padahal sudah mempunyai anak walaupun anaknya baru 2 bulan lebih dan pasti masih ada lagi. Bukankah ini memprihatinkan mas?

Balas

ternyata dalam mendidik anak cukup sulit juga ya mas, kalo dimanja juga salah, mungkin harus tegas sama anak juga ya mas, memang bimbingan orang tua akan menerap pada anak, jadi anak harus dibimbing dengan baik yah.saya setuju jika anak diberi uang jajan kegedean nanti pasca dewasa pasti boros deh..

Balas

kadang2 nakal dan manjanya anak itu bukan murni karena kesalahan anak tp kesalahan orang tua mendidik waktu kecil yamas

Balas

anak seperti kertas putih mau diisi coretan apapun kemungkinan besar akan membekas mas

Balas

saya sependapat dengan mas yanto, terkadang banyak dari para orang tua yang tidak menyadarinya, saking sayangnya sama anak akhirnya selalu menuruti apa yang diinginkan si anak padahal hal yang seperti ini yang membuat anak menjadi manja karena apa-apanya selalu diturutin.

Balas

tumben temen-temen saya pada pinter lho, udah pada minum obat kali? :D

Balas

oek lah kalo begitu saya tunggu postingan selanjutnya :)

Balas

Siap mas, yang sabar yak :D

Balas

Tepat sekali mas hendri bahwa anak harus dibimbing dengan baik sehingga apa yang dikatakan mas yanto bahwa semua yang kita berikan dalam hal mengasuh anak akan selalu membekas hingga dewasa kelak.

Balas

Abis minum susu kali mas :D

Balas

Sepakat dengan pernyataannya mas yanto. Semua sifat manja berasal dari didikan orang tua itu sendiri.

Balas

Betul mas karena ada kemudian batasan-batasan yang perlu diberlakukan terhadap anak.

Balas

saya aslinya pinter loh mas,sayangnya punya temen pada edyan :D

Balas

cocok nih pelajaran dari artikel ini untuk mendidik ciciek.
makasih infonya mas

Balas

Gimana ngopinya mas yanto?

Balas

Mas yanto memang ga diragukan :D

Balas

bener, pemberian uang jajan berlebihan itu emang nggak baik. anak bisa beli apa aja tanpa sepengetahuan orang tua dan anak menjadi tidak menghargai susahnya mencari uang.

Balas

Iya mba. Berikan saja secukup yang mereka butuhkan.

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger