logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Indonesia Bisa Miskin Karena Kurangnya Kepedulian Terhadap Lingkungan



Indonesia adalah salah satu Negara wisata di asia tenggara. Kekayaan alamnya yang banyak menarik minat para wisatawan asing menjadikan Indonesia sebagai Negara yang kaya akan tempat wisata mulai dari daerah pantai hingga ke daerah pegunungan.

Terbukti bahwa tidak sedikit dari para penduduk asing dari berbagai Negara, memilih Indonesia sebagai Negara tempat tinggal mereka. Banyak yang memutuskan untuk tinggal di Indonesia sebab katanya, tinggal di sini sangat menyenangkan sekali. Orangnya yang ramah, belum lagi kesejukan alamnya dapat dirasakan dan banyak hal yang unik di sini.



Bisa dikata bahwa dari sabang sampai merauke dari semua wilayah terdapat banyak tempat wisata. Di daerah saya sendiri di Mamasa, provinsi Sulawesi Barat punya tempat-tempat wisata seperti air terjun, permandian air panas, rumah adat mamasa dan sebagainya.

Daerah lain pun begitu. Walaupun mungkin belum pernah tersentuh oleh wisatawan dari Negara lain, namun tempat wisata tersebut merupakan tempat bagi penduduk lokal untuk menikmati keindahan alam wisata di masing-masing daerah. Keyakinan saya sobat bahwa semua tempat wisata yang ada di Indonesia akan dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri.

Siapa yang tidak bangga dengan Indonesia yang kaya akan alamnya. Semuanya tersedia dan kita bebas memilih tempat wisata apa yang kita akan kunjungi tahun ini. Air terjun ada dimana-mana, pantai yang nan indah, suasana alam di pegunungan dan masih banyak lagi tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah wilayah dengan hutan yang lebat dan bahkan masih banyak hutan yang belum tersentuh oleh tangan manusia. Itulah sebabnya Indonesia dikenal sebagai paru-paru dunia karena memiliki daerah kawasan hutan yang sangat luas. 

Inilah yang patut kita banggakan sebagai warga Negara indonesia dan kita perlu melestarikan hutan kita agar tetap bertahan sehingga Negara kita tetap hijau. Dengan begitu, dunia akan melihat Indonesia sebagai Negara yang mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Namun apa yang terjadi jika kekayaan yang kita miliki yaitu hutan belantara Indonesia habis dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Akankah Indonesia akan tetap hijau 50 tahun yang akan datang? Inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai bagian dari warga Negara Indonesia.

Menjaga lingkungan khususnya kawasan hutan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai warga Negara. Bukannya melakukan aktivitas hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok dengan cara membakar hutan. Kita harus memiliki kesadaran bahwa hutan adalah bagian dari kelangsungan hidup kita. Air yang kita minum setiap saat, itu berasal dari hutan bukan berasal dari udara ataupun lautan.

Tetapi bagaimana jika hutan habis terbakar? Pohon-pohon sebagai sumber air minum kita sehari-hari akan habis. Lalu apakah kita tidak mengeluh jika sumber air minum tidak ada lagi? Saya teringat pada beberapa waktu yang lalu saya nonton di TV dimana orang-orang sibuk mengantre untuk menerima bantuan air minum. Sumber air mereka kering akibat musim kemarau berkepanjangan.

Saya kemudian berpikir bahwa mungkin jika hutan di Indonesia habis terbakar, saya tidak bisa membayangkan betapa sulitnya kita mencari air untuk kita minum. Tapi kita tentunya bangga dan harus memberi 2 jempol untuk sikap pemerintah yang sudah berjuang untuk menangkap pelaku pembakar hutan di beberapa daerah seperti Kalimantan Selatan, Riau dan daerah lainnya.

Selain pelakunya tertangkap, usaha pemadaman kebakaran hutan sudah diupayakan pemerintah walaupun bekerja sama dengan beberapa Negara tetangga seperti Australia, Malaysia, Singapura dan Negara-negara lain di Asia.

Akibat dari kebakaran hutan ini, sangat disayangkan dengan adanya sekian korban jiwa. Mereka adalah anak-anak yang masih dibawah umur. Musibah ini adalah musibah kita bersama. Oleh karena itu kita harus memiliki kesadaran akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan kita agar tidak terjadi lagi musibah-musibah selanjutnya.

Untuk memiliki kesadaran tentang kepedulian terhadap lingkungan, diperlukan adanya suatu usaha yaitu pendidikan terhadap lingkungan. Artinya bahwa pemerintah harus berusaha bagaimana agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan hutan. 

Kalau ini dilakukan dengan baik, saya mempunyai keyakinan bahwa Indonesia kedepan tidak akan mengalami musibah kebakaran hutan. Masyarakat harus diberikan pengetahuan tentang fungsi dan manfaat hutan bagi kehidupan serta bagaimana menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan terutama hutan yang ada di Indonesia.

Jika program pendidikan terhadap lingkungan ini di jalankan, masyarakat akan memiliki kesadaran untuk menjaga dan melestarikan hutan. Meski harus melalui proses yang tentu tidak mudah namun hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Indonesia kaya akan alamnya tapi Indonesia bisa miskin karena kurangnya kepedulian.

Demikian artikel saya kali ini semoga dapat bermanfaat.
Salam.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 Komentar

kebakaran hutan yang melanda kalimantan dan sumatra kali ini memang membutuhkan penanganan yang sangat serius, satu pohon terbakar telah menghanguskan ribuan banyak manfaat untuk masa depan Indonesia

Balas

Mungkin salah satu penyebabnya,,,,masih banyaknya orang serakah di Indonesia

Balas

Benar mas harus ada penanganan yang serius dan juga kesadaran sendiri dari masyarakat.

Balas

Itu penyebab utama juga mas.

Balas

ia mas saat ini aja yang masih ada utannya yang lagi kebakar air udah susah.
bener mas tanggung jawab generasi muda tuk menjganya supaya 50 tau dan seterusny utan kita masih ijo

Balas

kayanya bukan masih banyak tapi makin banyak

Balas

Selalu bertambah kang ya.

Balas

Amin mas..semoga Indonesia selalu ijo mas ya.

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger