logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Laptop Sering Lalod atau Hang? Ini Solusi Tepatnya

Lancarnya sebuah aktivitas sebagian besar didukung oleh baiknya kondisi fasilitas yang digunakan. Seperti ketika saat sedang mengerjakan tugas sekolah atau kuliah atau kegiatan lain seperti ngeblog dan sebagainya yang berhubungan dengan laptop.

Laptop loading dan hang


Namun kira-kira bagaimana ketika kondisi laptop anda sering loading atau bahasa kerennya lalod dan sering hang? Jika terjadi kondisi seperti ini pasti anda merasa malas menggunakan laptopnya.

Keadaan diatas juga pernah saya alami. Saya bawah laptop saya ke tempat service untuk di install ulang dan hasilnya belum cukup. Tidak lama kemudian kambu lagi penyakitnya.
Teman saya bilang kemungkinan itu virus. Lalu saya scan ulang semua mulai dari drive C namun juga belum berhasil. Masih tetap lalod dan sering hang.

Kemudian saya rencana untuk menggunakan sistem Lembiru (lempar beli baru) hehehe..namun sebelum saya jual kebetulan aku punya teman yang bisa dikata super ahli masalah kerusakan laptop apalagi laptop hang atau lalod.

Saya kemudian konsult. Dan saran beliau supaya laptop saya di bawah ke rumahnya.

Laptop hang dan lalod, ini dia solusinya.
Langsung aja teman gue bilang, bawah aja kerumah entar dibenarin laptopnya. Setelah 3 hari kemudian, laptop saya udah jadi katanya. Saya pakai dan satu minggu kemudian, penyakitnya ternyata benar udah hilang.

Lalu saya tanya sama teman saya. Kamu apain laptop saya ko’ ga loading lagi..jawabnya ”saya cuman periksa aja semua sampai motherboardnya dan ternyata kotor. Jadi saya bersihkan MB dan kipasnya”. Cuman gitu doang??

Dan ternyata sobat install ulang dan hilangin virusnya bukan solusi utama. Motherboard dan kipasnya yang kotor yang mesti di bersihkan. Setelah itu baru deh install ulang. Dan hasilnya, laptop saya sekarang tidak pernah lalod atau hang lagi.

Dan untuk menjaga agar laptop anda tetap dalam kondisi sehat bugar, posisinya jangan diganti-ganti. Biasanya kalau kita pakai laptop kadang posisinya miring, dipangku dan sebagainya. Posisi miring ternyata dapat berdampak buruk pada kinerja engine laptop anda.

Dan yang paling bahaya kalau hard disk yang terganggu. Kalau hard disk rusak, data-data hilang semua. Dan ini hal yang paling fatal kalau sampai data kita hilang.

Merawat laptop yang baik dan benar, sama halnya dengan merawat tubuh anda. Anda tentu tidak ingin sakit, bukan? Nah sama aja dengan laptop. Anda juga tentu tidak kepengen kalau laptop atau komputernya rusak.

Kalau anda butuh perawatan, demikian halnya dengan laptop/computer anda. Tubuh anda sakit, aktivitas pastinya terganggu. Laptop/computer anda rusak, tentu ia tidak dapat membantu anda menjalankan aktivitas.

Untuk pencegahan kerusakan, anda dapat membaca beberapa poin berikut:

  1. Perhatikan posisi laptop anda jangan sampai miring. Ada baiknya diletakkan di atas meja atau lantai.  
  2. Hindari meletakkan laptop di dekat air minum anda. 
  3. Install aplikasi sesuai kebutuhan. 
  4. Shut down/matikan laptop sesuai prosedur. 
  5. Mematikan laptop dengan menggunakan langsung tombol power bisa berakibat fatal.
Beberapa poin diatas dipercaya dapat membantu mencegah kerusakan. Admin selalu menerapkan poin-poin tadi dan sampai sekarang laptop saya masih tetap sehat.

Demikian artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi anda.

Salam.
Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

25 Komentar

tipsnya bisa diterapkan supaya laptop tidak hang

Balas

wah info baru lagi nih mas, saya bisa langsung menerapkan cara-cara diatas agar laptop tidak lagi hang dan berat loadingnya

Balas

pusing mas kalo udah lalod bikin stress.
parahnya lagi saya sering mas mematikan langsung dengan tekan tombol power itu.

Balas

Mas bisa coba pengalaman saya diatas. Kalau sering mematikan laptop dengan tombol power bisa fatal mas. Hard disk akan terganggu dan kemungkinan besar bisa rusak hard disknya mas.

Balas

mantap tombol sharenya sudah nangkring. heheheh

Balas

ia sepertinya begitu saya udahai ah cara begitu. kudu di bongkar brarti ya

Balas

Betul mas..harus dubongkar lalu dibersihkan utamanya kipas ma motherboard.

Balas

Gratis lho mas,hehehe

Balas

klo lagi bt sering banget Mas...matiin laptop langsung dari tombol power...

Balas

Itu bahaya lho mas bagi aktivitas hard disknya. solusi kalau loading trus ga bisa logout:
1. Ctrl+alt+del
2. Pilih task manager
3. Pilih tab mana yang akan di tutup

Balas

sudah di terapkan mas dan ternyata laptop performanya sekarang jauh lebih ringan

Balas

Alhamdulillah ya mas.

Balas

nah itu mas yang saya takut malah rusak. gpp gitu mas

Balas

Kalau mas ga bisa bongkar, mendingan jangan mas ntar rusak laptopnya. Mas bisa bawah ke tempat service lalu sampaikan apa keluhannya.

Balas

Kebanyakkan file kali jadi sering nge hang

Balas

Padahal itu tdk baik ya gan

Balas

File juga biasa berpengaruh mas. Tapi sebenarnya kebanyakan dari masalah nge hang pada laptop adalah kinerja engine yang bekerja keras sudah kurang mampu bekerja dengan baik karena masalah diatas mas.

Balas

point2 di atas memang sangat berartiya mas agar dapat membuat laptop kita awet

Balas

pakai laptop itu harus diperhatikan bener-bener juga sih bro, jangan sampai ada apa-apa kitanya nggak tau gimana cara betulinnya. :)

Balas

Dirawat mestinya mas..

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger