logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kriteria Seorang Karyawan Yang Dibutuhkan Masa Kini

Selamat sore menjelang petang. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya Belajar Berbagi Informasi. Artikel saya kali ini akan mengulas bagaimana memilih karyawan dengan baik. Seorang karyawan yang memiliki kualitas yang baik tentunya akan menciptakan kualitas kerja yang baik pula. Sama halnya dengan sebuah barang elektronik atau otomotif jika kualitasnya bagus, tentu kita akan doyan menggunakannya.
Nah, bagaimana dengan dunia pekerjaan? Apakah kita juga membutuhkan kualitas yang baik dari yang satu ini “Karyawan”? So pasti...dan karena itulah mengapa suatu perusahaan besar ketika membuka lowongan kerja selalu menyertakan beberapa bentuk persyaratan bagi calon karyawan yang ingin mendaftarkan diri pada perusahaan tersebut. Bukan hanya bagi perusahaan besar tetapi bahkan sekarang ini juga sudah berlaku bagi usaha-usaha  kecil dan menengah. Ada kemudian suatu syarat yang harus dipenuhi agar dapat diterima menjadi seorang karyawan tetap.

Hal ini penting untuk dilakukan bagi Anda yang sedang atau akan membuka lowongan kerja yaitu pemilihan karyawan yang memiliki kualitas yang baik supaya benar-benar dapat menemukan tenaga kerja yang  profesional dan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Dan saya yakin bahwa Anda sudah menerapkan cara seperti yang telah saya sebutkan tadi di atas. Namun menurut pemahaman saya pribadi bahwa ada kemudian hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menyeleksi dan memilih seorang pekerja dalam dunia usaha Anda. Seperti apa dan bagaimana?
Dalam menyeleksi dan memilih karyawan Anda harusnya lebih berhati-hati. Mengapa? Jangan takut dulu karena saya tidak bermaksud menakut-nakuti Anda. Tapi memang hal ini penting Anda perhatikan. Karena tentunya bahwa Anda menginginkan seseorang yang betul-betul bisa dipercaya dalam bekerja apalagi kalau kita butuh misalnya seorang tenaga kasir atau seorang bendahara. Anda tahu semua kan, tugas dari seorang kasir. Kalau tidak, saya mau katakan bahwa ini aneh:)
Hal yang paling harus menjadi perhatian menurut saya adalah kepercayaan. Zaman sekarang ini bukan lagi masa krisis moneter yang biasa di singkat krismon melainkan masa krisis kepercayaan. Sulitnya kepercayaan membuat kita sebagai orang yang membutuhkan tenaga orang lain menjadi lebih ketat dalam menyeleksi tenaga kerja di mana kita harus mencari seseorang yang benar-benar dapat dipercaya. Jadi untuk mengetahui bagaimana seorang karyawan dapat dipercaya, Anda harus melakukan semacam uji coba dulu terhadap kejujuran calon tenaga kerja Anda sebelum menetapkan sebagai karyawan tetap Anda. Inilah yang harus menjadi prioritas pertama yang harus Anda lakukan yaitu menguji sebesar apa orang tersebut bisa dipercaya. Karena pemahaman saya bahwa kualitas yang baik belum tentu menjamin kepercayaan yang baik pula.
Sudah banyak sekali contoh yang dapat kita jadikan sebagai pedoman bagaimana pentingnya sebuah kepercayaan ketimbang kualitas seseorang. Secara perlahan kualitas dapat kita tingkatkan bagi tenaga kerja kita dengan cara melakukan training. Tetapi kepercayaan sulit untuk diketahui. Jangan hanya melihat dari luarnya saja tetapi alangkah sempurnanya jika kita juga mengetahui secara luas tentang kepribadian seseorang tersebut. Karakter, sikap dan perilaku yang baik disana ada benih yang dapat dipercaya.
Hanya ini yang dapat saya bagikan kepada Anda semua dengan harapan Anda dapat memilih calon karyawan dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Jangan lupa meninggalkan komentar di bawah ini jika artikel ini bermanfaat buat Anda. 

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger