Seorang karyawan yang bekerja
pada suatu perusahaan, toko, rumah makan, restoran, pembantu RT dan sebagainya
tentu mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Tapi pada umumnya adalah bekerja
untuk mendapatkan gaji dari bos demi membiayai kebutuhan hidup mereka. Namun,
tidak semua dari mereka memiliki
karakter, jiwa dan kepribadian yang sama. Ada yang loyal dengan pekerjaannya
dan ada juga yang belum sebulan sudah angkat koper alis keluar dari tempat kerjanya.
Mengapa demikian? Padahal sudah bersusah payanya mencari seorang yang dapat
bekerja dengan baik. Jawabannya adalah mungkin ada sesuatu hal yang tidak
disukainya atau sedang mengalami suatu kejenuhan.
Kemudian bagaimana cara
mengatasi hal demikian? Akankah kita sebagai BOSS akan terus mencari seorang
karyawan tiap bulan? Tentu hal ini tidak di inginkan oleh kita sebagai bos. Kita
tidak mau pekerjaan kita terhambat hanya karena persoalan karyawan. Betapa senangnya
ketika ada seorang yang benar-benar loyal bekerja di kantor atau rumah kita
atau dimana pun tempat usaha kita yang membutuhkan tenaga pekerja. Selain senang,
kita juga bisa percaya sepenuhnya dan tentu mengurangi beban pikiran terhadap
kekwatiran. Ingin jalan-jalan atau bahkan keluar kota pun kita tidak perlu
takut lagi meninggalkan rumah atau pekerjaan kita. Toh ada karyawan yang dapat
dipercaya sebagai asisten.
Jadi yang pertama yang paling penting Anda harus
lakukan adalah mengetahui Kriteria seorang karyawan yang dibutuhkan masa kini. Dibawah ini ada beberapa
poin penting bagaimana menghindarkan karyawan dari kejenuhan sebagai berikut:
Untuk menerapkan cara bagaimana
karyawan terlepas dari kejenuhan, yang Anda harus lakukan adalah:
Kemudian bagaimana cara mengatasi hal demikian? Akankah kita sebagai BOSS akan terus mencari seorang karyawan tiap bulan? Tentu hal ini tidak di inginkan oleh kita sebagai bos. Kita tidak mau pekerjaan kita terhambat hanya karena persoalan karyawan. Betapa senangnya ketika ada seorang yang benar-benar loyal bekerja di kantor atau rumah kita atau dimana pun tempat usaha kita yang membutuhkan tenaga pekerja. Selain senang, kita juga bisa percaya sepenuhnya dan tentu mengurangi beban pikiran terhadap kekwatiran. Ingin jalan-jalan atau bahkan keluar kota pun kita tidak perlu takut lagi meninggalkan rumah atau pekerjaan kita. Toh ada karyawan yang dapat dipercaya sebagai asisten.
Jadi yang pertama yang paling penting Anda harus lakukan adalah mengetahui Kriteria seorang karyawan yang dibutuhkan masa kini. Dibawah ini ada beberapa poin penting bagaimana menghindarkan karyawan dari kejenuhan sebagai berikut:
Sering menyempatkan diri untuk memberikan penghargaan seperti hadiah atau ole-ole dan sesuatu yang dapat memikat hati seorang karyawan. Dengan cara ini mereka akan terkesan dan tentunya yang ada dalam hatinya adalah “bos yang terbaik adalah Anda”.
Menjalin komunikasi dengan baik. Hal ini penting untuk membuat hubungan dengan karyawan Anda terjalin. Jika Anda menutup diri terhadap karyawan Anda, mereka akan merasa terasing dan akibatnya dapat membuat pikiran mereka berubah total untuk meninggalkan pekerjaannya.
Kehadiran seorang karyawan merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan Anda. Ingat bahwa tanpa bantuan orang lain kita tidak mampu melakukan sesuatu. Bukankah demikian?
Hargai mereka sebagai anggota keluarga Anda sehingga mereka pun juga menganggap Anda sebagai bagian dari keluarga mereka. Tingkat kejenuhan tentu semakin jauh karena mereka menganggap bahwa tinggal dan bekerja bersama Anda seperti sedang berada di kehidupan keluarga mereka.
Berikan waktu leluasa namun tetap disiplin. Jangan lupa bahwa selain sebagai tenaga kerja, mereka juga mempunyai kehidupan di dunia lain. Tapi maksud saya disini, bukan dunia lain yang horor-horor seperti di Trans7. Dunia lain versi saya maksudnya mereka juga punya kehidupan yang berbeda dengan kehidupan Anda sebagai bosnya. Kadang-kadang mereka butuh waktu libur untuk bertemu dengan keluarganya pada saat hari raya Idul Fitri, Natal dan sebagainya.
Jangan lupa untuk memberikan bonus atau yang biasa disebut THR (Tunjangan Hari Raya). Kesetiaan mereka terhadap Anda akan semakin kuat dan memilih untuk setia melakukan apapun yang Anda perintahkan.
Poin ini adalah poin terakhir yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Poin terakhir tentang tips menghindarkan karyawan dari kejenuhan adalah poin yang sangat penting menurut saya tetapi tidak kalah pentingnya dari ke enam poin diatas yaitu Anda harus memahami karakter karyawan Anda. Memahami karakter itu penting karena setiap manusia mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dengan memahami karakter seorang karyawan kita maka keseluruhan poin diatas tentu dapat diterapkan secara efektif.
Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.