logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penyebab Seseorang Memiliki Sifat Minder



Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada artikel yang berjudul Pengertian sifat minder, kali ini sahabat donaldsepang.com saya akan mengulas kira-kira apa yang menyebabkan seseorang memiliki sifat minder yang merupakan salah satu sifat yang dapat menghambat bagi perkembangan kepribadian seseorang dalam melakukan berbagai hal baik itu dalam hal bersikap, bertindak dan berkata-kata dalam suatu konteks kehidupannya. 

Okey, langsung aja dibawah ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang memiliki sifat minder sebagai berikut:


Bersifat Pemalu

Seseorang yang minder karena bersifat pemalu adalah salah satu penyebab utama. Namun kedua sifat ini memiliki perbedaan. Pemalu dan minder memang tidak jauh bedah dan saling berkaitan sebenarnya. Tapi anda perlu ketahui bahwa tidak semua orang pemalu bersifat minder di lain sisi orang minder karena memiliki sifat pemalu. 

Jadi disini memang sangat erat kaitannya dan saling bekerjasama dalam membentuk sifat yang ada dalam diri manusia. Mungkin anda pernah dengar orang mengatakan bahwa sebenarnya ia tidak malu cuma karena orangnya minder. 

Atau orang sering berkata bahwa sebenarnya ia tidak minder hanya malu-malu saja. Dalam artian bahwa kedua sifat ini berbedah dan tidak sama namun saling berkaitan sangat erat.

Merasa Kurang Mampu

Seseorang bisa minder karena merasa bahwa dirinya tidak mampu melakukan seperti yang dilakukan oleh teman atau anggota dalam kelompok atau organisasi tertentu. Contoh misalnya dalam sebuah kelas ada beberapa siswa yang cukup cerdas dalam menyelesaikan soal. 

Mereka mampu menjawab soal-soal tersebut dalam waktu singkat. Berbeda dengan lima orang anak yang kemampuannya dibawah rata-rata dan tidak mampu menjawab soal dalam waktu singkat seperti teman yang lain. Sifat minder terhadap lima anak ini pun muncul. 

Minder terhadap teman kelasnya sendiri karena merasa dirinya kurang memiliki kemampuan seperti yang dimiliki teman-temannya. Tapi apakah anak yang minder ini bersifat pemalu? Belum tentu kan. Sudah sangat jelas diatas bahwa seseorang yang bersifat pemalu belum tentu minder dan  sebaliknya.

Kurang Bergaul

Sifat minder juga disebabkan karena kurang bergaulnya seseorang dengan orang lain. Pengaruh yang di timbulkan dari bergaul sangat kuat dalam membentuk kekuatan mental seseorang. Karena bergaul sehingga seseorang mampu melihat berbagai macam karakter orang lain serta terlatih membiasakan diri berinteraksi dengan lingkungan dan orang disekitarnya. 

Berbedah dengan orang yang kurang bergaul dengan orang lain karena selalu merasa sebagai orang terasing dari dunia luar dan sangat sulit menyesuaikan dirinya dengan keadaan dimana ia sedang berada sehingga hanya rasa minder yang akan selalu dibawahnya kemana-mana. 

Tidak PeDe(Kurang Percaya Diri)

Kurangnya rasa percaya diri dapat menyebabkan seseorang merasa minder. Merasa bahwa ia sungguh tak memiliki daya apa-apa namun sesungguhnya ia mampu menciptakan sesuatu yang luar biasa. Menganggap bahwa apa yang ada dalam dirinya tidak dapat membuat orang lain kagum dan terkesan.
Semua kemampuan dan kekuatan luar biasa yang ia miliki selalu tersimpan dalam persembunyian karena keminderannya. 

Sebagai contoh dalam suatu kelompok mahasiswa dimana kelompok tersebut sedang membutuhkan solusi dimana kelompoknya ditunjuk sebagai pelaksana suatu kegiatan di kampusnya. Semua sudah siap namun satu hal lagi yang menjadi kendala adalah siapa yang akan mengambil tugas sebagai pembawa acara atau MC pada pembukaan nantinya. 

Seorang Ana yang mempunyai bakat di bidang ini sebenarnya bisa mengambil alih tugas tersebut. Namun pada saat rapat Ana tidak pernah menyampaikan akan hal ini bahwa sebenarnya ia bisa melakukannya karena ia merasa minder. 

Dan, yang menyebabkan Ana selalu minder adalah karena ia selalu merasa kurang percaya diri tampil dihadapan teman-temannya. Mungkin Ana merasa bahwa dirinya tidak lebih cantik dari teman wanita lainnya.

Lalu apakah sifat yang satu ini dapat diatasi guna memperbaiki kepribadian seseorang? Selanjutnya anda dapat baca pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger