logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mencerdaskan Anak Anda Lewat Potensinya



Kecerdasan adalah sebuah hal yang didambakan setiap orang. Berbagai hal telah dilakukan bagaimana cara agar kita bisa memiliki yang namanya kecerdasan. Salah satunya adalah belajar dengan segiat mungkin siang dan malam bahkan ada orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk belajar.


Berbicara tentang kecerdasan bahwa ada banyak contoh yang dapat kita lihat dan bahkan sudah terjadi di sekitar kita bagaimana seseorang dapat melakukan sesuatu yang begitu luar biasa dan apa yang dilakukannya begitu mengagumkan banyak orang bahkan dunia pun kagum melihatnya. Semuanya itu mereka lakukan karena kecerdasan yang mereka miliki.

Bagi orang tua, ketika kita melihat hasil karya seseorang yang luar biasa dan menakjubkan, pasti sering muncul dalam benak hati kita berkata “saya juga ingin anak saya bisa seperti itu”. Lalu kemudian kita mulai mengajarkan anak kita melakukan apa yang telah kita pikir harus ia lakukan. Mulai dari menyediakan fasilitas musik seperti gitar, piano dan sebagainya dengan harapan bahwa anak kita nanti bisa bermain musik dengan baik.

Selain fasilitas seperti di atas, mungkin juga kita relah menyediakan biaya untuk kursus dan sebagainya. Dengan harapan anak kita mampu mengembangkan dirinya lewat kegiatan-kegiatan seperti itu. Sebagai orang tua tentu kita bangga dengan setiap harapan terhadap anak kita ketika apa yang kita harapkan dapat dilakukan dengan baik oleh sang buah hati.

Namun apa yang terjadi ketika anda sudah bersusah payah untuk membimbing anak anda dengan cara seperti di atas lalu kemudian anak anda tidak memiliki kemampuan dalam memainkan gitar atau piano? Bahkan biaya yang anda keluarkan ternyata tidak membuat mereka mampu menjadi seperti harapan anda?

Menahan diri dan bersabar adalah sikap yang harus anda miliki saat ini. Coba pikirkan kembali cara tepat yang akan anda lakukan. Sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab dalam mengarahkan anak, anda harus selalu bijak dalam melihat setiap perkembangan anak anda.

Setiap hal yang anda lakukan dalam hal mempersiapkan anak anda menjadi anak yang cerdas seperti menyediakan berbagai fasilitas dan sebagainya, tentu tidak lah salah. Dan hal itu sebenarnya adalah sebuah hal yang harus anda lakukan untuk menunjang mereka mengembangkan bakatnya. Dengan adanya fasilitas bagi anak-anak, akan membantunya dalam menemukan dan mengembangkan kecerdasan mereka.

Hal yang sangat penting anda perlu ketahui bahwa setiap anak memiliki potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing. Dan itu telah ada sejak kecil hingga mereka dewasa nanti dan potensi itulah yang berperan memampukan mereka melakukan sesuatu yang besar.

Sebagai orang tua tugas anda adalah bukan hanya menyediakan banyak fasilitas tetapi yang pertama harus dilakukan adalah melihat potensi yang di miliki oleh anak anda. Menurut saya bahwa cara melihat potensi dalam diri anak adalah melihat kebiasaan mereka dan melihat apa yang mereka mampu lakukan.

Sebagai contoh, anak anda menyukai hal masak-memasak. Besar kemungkinan ketika sudah dewasa dia bisa menjadi seorang koki terkenal. Atau anak anda sangat menyukai hidup sehat sehingga ketika besar nanti kemungkinan dia ingin menjadi seorang dokter. 

Inilah yang harus dilakukan oleh anda yaitu melihat potensi dalam diri anak anda. Ketika anda sudah bisa mengetahui potensi mereka, baru kemudian anda membantu mereka dalam mengembangkan potensinya dengan cara memberikan fasilitas yang sesuai dengan apa yang yang menjadi potensinya.

Ingat, bahwa seseorang bisa berkembang karena potensi yang ia miliki. Memaksakan anak anda untuk melakukan apa yang mereka tidak suka semata-mata karena hanya sebagai keinginan anda sebagai orang tua, tidak akan membuahkan hasil yang maksimal dan itu hanya membuang waktu saja.

Demikian artikel saya kali ini Cara Mencerdaskan Anak Anda Lewat Potensinya semoga dapat bermanfaat.
Salam.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 Komentar

ini yang kadang sulit dan terpikirkan oleh orang tua karena tidak mengetahui potensi pada anak, semoga dengan artikel ini kita bisa semakin cerdas dalam mengembangkan potensi pada ank kita nantinya

Balas

Gak semua orang tua mampu melakukan hal ini,,,tapi semoga dengan artikel ini para orang tua akan lebih sadar terhadap potensi yang dimiliki anaknya

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger