logo blog
Selamat Datang Di Blog Donald Sepang
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Donald Sepang,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Paling Ampuh Meningkatkan Kualitas Keahlian Anda



Best QualityUntuk meningkatkan kualitas suatu keahlian, memerlukan sebuah proses yang tidak singkat. Waktu dan tenaga bahkan materi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam usaha meningkatkan kreativitas anda. Relah berkorban untuk sebuah cita-cita adalah sikap yang patut anda lakukan.

Dengan menjalani berbagai proses tersebut, maka anda dapat melihat dampak yang terjadi kemudian. Dan tentunya anda dapat kembangkan untuk menjadi lebih unggul lagi dibanding dengan orang yang memiliki keahlian sama dengan anda. 

Anda tidak perlu berpikir jauh tentang orang lain dengan berkata,”saya tidak mungkin mengalahkannya karena dia terlalu sulit disaingi.” Jauhi pikiran negatif ini karena pemikiran seperti inilah yang membuat anda terhalang untuk belajar.

Lebih baik pikirkan apa yang anda miliki yakni keahlian anda saat ini dan tetaplah fokus. Dengan berfokus pada diri anda, akan membangkitkan semangat dan kerja keras untuk terus belajar dan belajar. Sehingga dengan banyak belajar, anda akan berada pada sebuah level dimana seorang yang sudah mahir pernah berada di level ini.

Anda harus menjadi seseorang yang memiliki keahlian jauh lebih unggul dari orang lain. Menjadi lebih baik kualitasnya di banding kualitas pesaing anda. Caranya bagaimana? Sederhana sekali. Cari dan ketahui kelemahan pesaing anda. 

Contoh: Di sebuah kota, ada dua buah perusahaan jual-beli mobil bekas yang berdampingan. Keduanya saling bersaing untuk mendapatkan calon konsumen. Perusahaan A memiliki kunjungan 25 orang tiap harinya. Sedangkan perusahaan B hanya memiliki kunjungan 5 orang per hari. Begitu seterusnya hingga persentase pengunjung kedua perusahaan selalu didominasi oleh perusahaan A. 

  Apa rahasia yang di terapkan perusahaan A sehingga memiliki pengunjung lebih banyak dibanding perusahaan B

 Jawabannya: perusahaan A mengutamakan pelayanan yang bermutu terhadap pengunjungnya dengan menyediakan air mineral gratis bagi setiap pengunjung. Lebih dari itu, setiap pembelian mobil di perusahaannya, konsumen mendapatkan diskon 5 % dan ganti oli free 2 kali.

Dari contoh diatas, dapat kita ketahui bahwa perusahaan A mampu melihat kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan saingannya. Ia mampu menarik perhatian dan minat para calon konsumen dengan menerapkan cara seperti contoh diatas.

Menjadikan keahlian untuk menjadi lebih baik atau menjadi professional dari orang lain itu mudah saja. Hanya perlu melakukan dan  menjalani prosesnya. Anda akan tahu bahwa ternyata anda lebih baik dari orang lain. Namun jangan lupa bahwa yang utama adalah kualitas.

Meluangkan waktu merupakan hal yang harus anda lakukan. Jika anda tidak punya waktu cukup karena banyak kesibukan, buatlah jadwal dan atur dengan baik jadwal anda. Ikuti jadwal anda secara teratur. Jika sudah berkeluarga, komunikasikan dengan baik jadwal yang anda sudah buat. Ini adalah salah satu cara untuk menghindari  kesalahpahaman dengan istri atau suami anda.

Untuk menghasilkan apa yang anda inginkan, tentu membutuhkan tidak sedikit waktu. Karena setiap detik, tiap menit, tiap jam adalah milik anda untuk memperoleh kesempatan belajar meningkatkan keahlian anda. Hargai waktu itu dan pergunakan sebaik mungkin.

Contoh: Bayu adalah seorang yang pandai dalam bermain piano. Namun ia memiliki keinginan untuk menjadi seorang pianis professional. Dalam waktu yang singkat, hanya dalam 30 hari ia sudah sangat lihai seperti pianis terkenal lainnya. Ia selalu menghargai setiap waktunya dengan belajar dan terus belajar sampai dirinya berhasil menjadi juara dalam sebuah kompetisi dan dinobatkan sebagai pemain piano terbaik.

Yang dilakukan oleh Bayu adalah setiap waktu yang ia miliki, dipergunakan untuk latihan dan latihan terus menerus. Sehingga itulah yang berhasil membuatnya menjadi seorang yang ahli di bidangnya. Namun prestasi di sekolahnya sempat menurun akhir-akhir ini. Ia berjanji akan memperbaiki pada semester depan.

Setiap orang yang memiliki keahlian seperti anda memiliki cara sendiri untuk mengembangkan keahliannya. Tidaklah mengherankan jika ia sukses dan bisa merasakan bahwa dirinya adalah orang yang sangat profesional. 

Anda pun ingin seperti itu kan? Mulailah, hadapi dan berjuanglah untuk meningkatkan kualitas keahlian anda itu. Jauhi hal-hal yang akan membuat anda terhenti di tengah perjalanan anda. Anggap semua itu sebagai angin lalu dan jadikan ia sebagai motivasi.

Ada beberapa tips yang akan saya berikan seperti dibawah ini:
1. Fokuslah terhadap keahlian anda.
2. Gali terus potensi anda.
3. Manfaatkan setiap waktu untuk belajar
4. Perdalam ilmu tentang keahlian yang anda miliki
5. Jangan hiraukan pendapat orang tentang anda

“Kalau anda terus memikirkan pendapat buruk orang lain, maka anda tidak punya waktu untuk menjadi orang baik” (Mario Teguh)

Intinya anda harus fokus dan perbanyak ilmu. Juga ciptakan suasana yang menyenangkan dalam diri anda. Karena suasana yang menyenangkan dapat membuat anda menikmati apa yang anda lakukan.
Demikian artikel saya kali ini Cara Paling Ampuh Meningkatkan Kualitas Keahlian Anda semoga dapat bermanfaat.

Salam.

Enter your email address to get update from Donald Sepang.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 Komentar

setuju banget mas. fokus dan perbanyak ilmu. pendapat buruk orang lainmah biarkan saja penyemangat ya mas

Balas

Sepertinya saya harus benar-benar merepkan poin yang ini mas...

Jangan hiraukan pendapat orang tentang anda

Balas

Setuju mas, dosen saya aja bilang, untuk sukses kita harus fokus. :D
Tapi susah untuk tidak mendengar apa kata orang lain (jujur) XD

Balas

kaloa saya justru ini mas. pendapat orang lain poin penting untuk maju mas. hehehe

Balas

ia betul sekali kata orang kedengeran terus. meski bisa cuek tapi di hati ada aja

Balas

Tips yang nomor 5 biasanya suka banyak yang mencibir, dan tugas kita harus kuat dengan cibiran orang lain ^_^

Balas

Untuk saling menghormati dan menghargai sesama blogger, berilah komentar di bawah ini sesuai dengan topik dengan baik dan sopan. Terima kasih sudah berkunjung.
Note: Hanya dengan berkomentar tanpa titip link, saya pasti akan berkunjung balik.

Copyright © 2016.©.Belajar Berbagi Informasi - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger